Gowa, baktionline.id
Kualitas pelayanan publik adalah wajah Pemerintah Kabupaten Gowa di mata masyarakat. Pelayanan publik yang baik akan menumbuhkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.
Hal inilah yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Andy Azis Peter saat membuka Monitoring dan Evaluasi Standar Pelayanan, Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (23/10).
“Seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa harus memiliki mindset melayani, bukan dilayani,” ujarnya.
Lanjut Andy Azis, pelayanan publik yang baik adalah pelayanan yang cepat dan mempermudah urusan masyarakat dan berkeadilan di setiap prosesnya. Pelayanan yang cepat, mudah, murah dan transparan akan menumbuhkan kepercayaan publik kepada pemerintah.
“Transparansi dalam pelayanan bukan hanya kewajiban hukum, tetapi juga bentuk tanggung jawab moral kita kepada masyarakat,” ungkapnya.
Selain itu, pada kesempatan ini Andy Azis juga mengapresiasi Monitoring dan Evaluasi Standar Pelayanan, Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik ini. Menurutnya kegiatan ini sebagai wujud komitmen Pemkab Gowa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif dan melayani.
“Monitoring dan evaluasi SKM sebagai sarana introspeksi, wadah komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat, serta sebagai pijakan bagi perbaikan layanan secara berkelanjutan,” tambahnya.
Dalam sambutannya, Andy Azis juga menyatakan bahwa kegiatan ini bukanlah sekadar rutinitas, melainkan momentum reflektif untuk mengukur sejauh mana pelayanan publik telah menjawab kebutuhan masyarakat. Seluruh perangkat daerah memiliki komitmen tidak lanjut yang jelas dari setiap rekomendasi hasil kegiatan ini.
“Kita tidak boleh berhenti pada rapat atau laporan ini. Setiap hasil survei dan forum ini harus ditindaklanjuti dengan langka konkret, baik berupa perbaikan prosedur, peningkatan kompetensi, maupun inovasi pelayanan publik berbasis teknologi,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Taufiq dalam laporannya mengatakan bahwa sebagai tindak lanjut dan komitmen bersama dari kegiatan ini, Bagian Organisasi akan menyusun laporan komprehensif hasil monitoring dan evaluasi SKM serta FKP untuk disampaikan ke Kementerian PANRB.
Kemudian melaksanakan pendampingan (coaching clinic) bagi unit yang nilainya masih di bawah target dan mengawal implementasi komitmen perbaikan layanan publik, agar benar-benar ditindaklanjuti oleh setiap perangkat daerah.
“Kami juga mendorong setiap unit pelayanan publik untuk terus melaksanakan SKM secara berkala dan memublikasikan hasilnya secara terbuka karena transparansi adalah langkah pertama menuju kepercayaan publik,” terangnya.
Kegiatan diikuti oleh perwakilan SKPD yang mengelola pelayanan publik, perwakilan kecamatan dan Puskesmas se-Kabupaten Gowa.
(Bawa Karaeng, Isra)