Menu

Mode Gelap

Politik ยท 15 Jan 2024 WITA

Sentra Gakkumdu Gowa Tangani Tiga Dugaan Tindak Pidana Pemilu


 Sentra Gakkumdu Gowa Tangani Tiga Dugaan Tindak Pidana Pemilu Perbesar

 

Gowa baktionline.id

Anggota Bawaslu Kabupaten Gowa yang juga merupakan koordinator Sentra Gakkumdu Gowa dari unsur Bawaslu, Yusnaeni, memaparkan pihaknya kini, tengah menangani Tindak Pidana Pemilu (Tipilu).

Hingga pertengahan Januari 2024 ini, Sentra Gakkumdu tersebut telah menangani tiga perkara dugaan Tipilu. Dari tiga perkara tersebut, dua perkara berasal dari temuan Panwascam dan 1 dugaan tindak pidana yang dilaporkan oleh masyarakat.

Rinciannya, tiga dugaan pidana Pemilu, yakni, satu kasus terkait dugaan penggunaan fasilitas negara untuk kampanye oleh salah satu caleg DPR RI, satu kasus terkait dugaan keterlibatan ASN dan perangkat desa dalam kampanye dengan terlapor dua orang ASN dan satu perangkat desa (Kepala Lingkungan), dan satu kasus terkait dugaan keterlibatan BPD dalam kampanye serta dugaan politik uang,” jelas Yusnaeni.

 

Setiap kasus tersebut, telah dilakukan pembahasan di Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Kejaksaan, Kepolisian dan unsur Sentra Gakkumdu dari Bawaslu.

Temuan dan laporan tersebut saat ini pendalaman dan dalam proses penyelidikan dengan mengambil keterangan para pihak dalam proses klarifikasi.

“Setelah dilakukan klarifikasi selanjutnya akan dilakukan pembahasan bersama Sentra Gakkumdu untuk menilai apakah kasus-kasus tersebut dilanjutkan ke tahap penyidikan atau dihentikan,” paparnya lagi.

Bawaslu Gowa pun berharap masyarakat ataupun para kontestan tetap menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran dan taat pada aturan yang berlaku agar terhindar dari pelanggaran.
(Bawa Karaeng, Isra)

Artikel ini telah dibaca 378 kali

isra ds badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

Bursa Balon Bupati Pinrang Penantang Incoumbent.

24 Februari 2024 - 08:56 WITA

Pendatang Baru, Runner-up Di Dapil 3 Gowa-Takalar DPRD Sulsel

22 Februari 2024 - 23:17 WITA

Ini Tiga perempuan Nasdem Pasca pemilu

21 Februari 2024 - 10:26 WITA

Raih suara terbanyak di Dapil Makassar A, apakah Cicu Maju Walikota?

20 Februari 2024 - 00:40 WITA

Bupati Pinrang, Hindari Euforia Berlebihan Agar Tidak Terjadi Gesekan Ditengah Masyarakat.

14 Februari 2024 - 06:57 WITA

Bupati Pinrang Berharap Petugas Menjaga Netralitas Dalam Pemilu

12 Februari 2024 - 04:49 WITA

Trending di Politik