Menu

Mode Gelap

Politik Pemerintahan ยท 14 Des 2023 WITA

Bawaslu Gowa Sosialisasi Desa Sadar Pengawasan Dan Anti Politik Uang


 Bawaslu Gowa Sosialisasi Desa Sadar Pengawasan Dan Anti Politik Uang Perbesar

 

Gowa baktionline.id

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencegahan praktik politik uang dalam tahapan pelaksanaan pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa menggelar Sosialisasi Desa Sadar Pengawasan Pemilu dan Anti Politik Uang di Desa Tanah Karaeng Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Kamis, (14/12/2023).

Kegiatan ini menghadirkan puluhan peserta dari kalangan pemerintah Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Anggota Bawaslu Kabupaten Gowa, Juanto, menyampaikan, dalam momentum pemilu kesadaran masyarakat harus didorong untuk memahami bahaya menerima politik uang. Ia meminta masyarakat untuk menolak politik uang.

“Momentum pemilu masyarakat susah membedakan antara sedekah dan politik uang, sehingga kami dari Bawaslu Kabupaten Gowa hadir memberikan pemahaman untuk membedakan hal tersebut dengan harapan masyarakat bisa ikut berpartisipasi mencegah terjadinya politik uang,” ungkap Juanto.

Lebih lanjut, Juanto menjelaskan, masyarakat perlu pahami bahwa dalam tahapan pemilu, penerima politik uang ada sanksi pidana yang diatur dalam Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yang bisa menjerat penerima politik uang.

Camat Manuju, Marham dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Bawaslu Kabupaten Gowa yang dilaksanakan di Desa, menurutnya ini akan menjadi lebih efektif karena menyasar langsung lapisan masyarakat.

“Kita ingin melihat pesta demokrasi tertib dan lancar sehingga jika ada yang memberikan sesuatu, kita harus berani mengatakan mohon maaf, ini yang harus dilawan sepenuh hati, harga diri itu lebih penting dari materi,” katanya.

Ia juga mengajak kepala Desa yang hadir untuk ikut menyampaikan hasil dari sosialisasi ini kepada masyarakat, jika tidak diperkenangkan menerima sesuatu atau disebut politik uang.

“jadi yang mewakili kepala desa, agar menyampaikan hasil pertemuan ini, masyarakat tidak boleh menerima politik uang, kesuksesan dan keberhasilan pelaksanaan pemilu ini ada di pundak kita semua,” jelasnya lagi.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Anggota Bawaslu Kabupaten Gowa, Suhardi Kamaruddin, Perwakilan Kapolsek, Arafah Munandar, serta Dan Pos Manuju Kodim 1409/Gowa, Peltu Bakri.
(Bawa Karaeng, Isra)

Artikel ini telah dibaca 263 kali

isra ds badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

Buka Musda Badko HMI Sulselbar, Bupati Gowa Apresiasi Semangat Kader HMI Menyambut Indonesia Emas

17 Mei 2024 - 06:40 WITA

12 Kasus Tindak Pidana Pemilu Di Gowa, Tuntas.

16 Mei 2024 - 06:22 WITA

Satu-satunya Diluar Pulau Jawa, Gowa Raih Terbaik III Nasional PPD Tahun 2024

6 Mei 2024 - 04:54 WITA

BPI KPNPA RI Sebut Pengembalian Uang Hasil Korupsi Tidak Hapus Pidana Korupsi

3 Mei 2024 - 06:31 WITA

Gowa Raih PPD Terbaik Pertama Tingkat Sulsel Tahun 2024

1 Mei 2024 - 11:19 WITA

Hadiri Halalbihalal,Adnan Minta HIPMA Gowa Ambil Peran Dalam Pembangunan Daerah

29 April 2024 - 21:49 WITA

Trending di Politik Pemerintahan