Menu

Mode Gelap

Politik Pemerintahan ยท 16 Nov 2023 WITA

Muscab BKMT Barombong Dan Parigi, Ajang Silatuhrahmi Mewujudkan Masyarakat Islami


 Muscab BKMT Barombong Dan Parigi, Ajang Silatuhrahmi Mewujudkan Masyarakat Islami Perbesar

 

Gowa baktionline.id. Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) adalah merupakan forum bersama, tempat bertukar pendapat dan pengalaman bagi anggotanya, serta diperuntukkan untuk semua kalangan, dari yang muda hingga orang tua, dan tidak memandang status sosial.

Berbagai kegiatan dan programnya, BKMT meluaskan peran tidak hanya bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan dan sosial kemasyarakatan, namun aktif dalam pemberdayaan ekonomi, penguatan wawasan bangsa, berperan dalam kepemimpinan nasional serta tanggap terhadap isu-isu strategis dan keumatan.

BKMT sudah merambah ke seluruh Provinsi, kabupaten bahkan sampai ke tingkat kecamatan di seluruh Indonesia.

Seperti halnya pengurus BKMT Kab. Gowa, yang terdiri dari 18 kecamatan pengurus cabang, dimana baru-baru ini telah melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) di dua kecamatan yaitu Barombong dan Kec. Parigi, yang pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar.

Musyawarah Cabang Badan Kontak Majelis Taklim (Muscam BKMT) Kecamatan Barombong, yang bertempat di Aula Desa Kanjilo Gowa, Selasa, 7 November 2023. Menghasilkan pengurus baru Pengurus Cabang BKMT Kec. Barombong periode Tahun 2023-2028, di mana ketua yang terpilih dalam hal ini adalah Hj. Nuraeni Dg.Ngani.

Hadir dalam musyawarah tersebut adalah, Tripika Kecamatan, Sekcam Barombong, staf KUA Kec.Barombong, staf Desa Kanjilo, para pengurus BKMT kabupaten dan Kecamatan Barombong, dan para Majelis Taklim Permata dari desa/kelurahan yang juga turut hadir.

Pengurus BKMT Kecamatan Barombong terdiri dari 6 Persatuan Majelis Taklim (Permata) di desa dan 1 di kelurahan yaitu, Permata Desa Biringala, Permata Desa Moncobalang, Permata Desa Tinggimae, Permata Desa Lembangparang, Permata Desa Kanjilo dan Permata Desa Tamanyeleng di tambah dengan satu Permata di Kel.Benteng Somba Opu.

Keberadaan dan keberhasilan majelis taklim yang ada selama ini di kecamatan Barombong baik itu secara kuantitas dan kualitasnya, semuanya tidak lepas dari campur tangan Hj. Maemunah Dg.Sinja, S. Pd.I.

9 tahun lamanya sejak 2014, Hj.Maemunah, menjadi Ketua BKMT Kec.Barombong dimana Ia mengabdikan dirinya, jiwa dan raganya demi kelangsungan dan keberadaan organisasi yang bernama majelis taklim ini sehingga sampai hari ini tetap eksis, tidak mengenal lelah, siang malam hujan panas dalam membangun komunikasi dan silatuhrahmi sesama kelompok-kelompok majelis taklim yang ada di desa dan kelurahan lainnya. Daeng Sinja sapaan akrabnya juga memilki segudang prestasi yang telah diraih selama Ia menjabat sebagai pimpinan majelis taklim di kecamatan Barombong.

Hj. Maemunah kepada baktionline mengatakan, “Sejak tahun 2014 saya sudah terlibat dikepengurusan BKMT Kec. Barombong, sebagai ketua majelis taklim tingkat kecamatan. Selama menjabat alhamdulillah banyak kegiatan dan pelatihan yang kami laksanakan, diantaranya pelatihan tata cara memandikan jenazah dan bagaimana cara mandi wajib yang benar, serta mengikut sertakan anggota majelis taklim kami dalam setiap kegiatan atau lomba yang diadakan di kabupaten, dan itu atas biaya sendiri yang kami keluarkan, ” ungkapnya.

Perjalanan hidup Hj. Maemunah dalam berorganisasi tidak diragukan lagi, sejumlah organisasi telah dimasukinya diantaranya, sebagai pengurus Karang Taruna, sebagai penyuluh di Kantor Urusan Agama, sebagai penyuluh haji, dan juga pernah menjabat sebagai bendahara di PNPM.

Wakil Ketua 1 Pengurus BKMT Kabupaten Gowa, St. Nurhaedah Baso Labbang istri dari Syamsu Rijal, SE, salah satu mantan pejabat teras di kab.Gowa ini, dalam sambutannya mengatakan, “Alhamdulillah pelaksanaan Muscab di beberapa kecamatan berjalan lancar, sudah ada 6 kecamatan yang telah melakukan Muscab, baru-baru ini ada kecamatan Barombong dan kecamatan Parigi yang sudah sukses melakukan Muscab. Dari penilaian kami dari beberapa kecamatan yang telah melakukan Muscab, Kecamatan Parigi lah yang terbaik. Salah satu tujuan diadakannya muscab adalah sebagai ajang silatuhrahmi, memperkuat ukhuwah dan mewujudkan masyarakat yang Islami.

Semoga dari hasil Muscab ini dapat dijalankan dan diterima dengan baik dan kepada pengurus baru yang terpilih untuk senantiasa memegang amanah yang dipercayakan oleh anggotanya, ” harap St Nurhaedah dalam sambutannya mewakili Ketua BKMT Kabupaten Gowa Hj.Rosmah A.Mappaturung.

Musyawarah Cabang BKMT Kecamatan Parigi, bertempat di Desa Majannang, Rabu, 8 November 2023 dihadiri oleh Tripika Kecamatan, Para pengurus kabupaten BKMT Kab.Gowa, Pengurus kecamatan BKMT Parigi, dan para anggota Permata dari 5 desa yang diwakili oleh 5 orang tiap desa.

Hasil Muscab BKMT Kec.parigi ini kembali terpilih ketua pengurus lama sebagai ketua yang baru (Oppoki), yaitu Ketua Harmilawati, Sekertaris Rosdiana, dan Bendahara Nurwahidah.

Ketua yang terpilih Harmilawati dalam sambutannya mengatakan, ” Alhamdulillah dan terima kasih kembali atas kepercayaan dan amanah yang telah percayakan sama saya, prestasi dan hasil yang telah kami raih selama pengurusan ini akan kami pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Insya Allah kami akan jalankan roda organisasi BKMT Kec.Parigi ini ke depan yang sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Dan kami juga ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota dan pengurus kecamatan beserta pengurus kabupaten yang selama ini telah banyak memberikan masukan, support dan kritikan yang sifatnya membangun, ” harapnya.

Kesuksesan kegiatan acara Muscab ini tidak lepas dari pengaruh Hj. Nuhriah Yunus pembina BKMT Kec. Parigi yang begitu gigih berusaha dan berjuang agar bagaimana Muscab ini dapat berjalan dengan aman dan sukses
(Bawa Karaeng, Kama)

Artikel ini telah dibaca 143 kali

Avatar badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

Warga Sangat Terbantu Pembangunan Jalan Alternatif Pangkabinanga Pallangga

16 April 2024 - 04:39 WITA

Kapolres Pinrang Gelar Open House dan Halal Bihalal Usai Lebaran Idul Fitri 1445 H

11 April 2024 - 05:47 WITA

Momentum Idul Fitri, Bupati Gowa Ajak Masyarakat Memetik Nilai Pendidikan Dari Bulan Ramadan

10 April 2024 - 00:34 WITA

Tiga Tokoh Sulsel Sidak Ke Pasar Terong Cek Harga Bahan Pokok.

8 April 2024 - 03:21 WITA

Ahli Waris Tenaga Pembersih Terima Santunan Kematian Dari Bupati Pinrang

6 April 2024 - 08:21 WITA

Polwan Polres Pinrang Hadir Mengamankan Pusat Perbelanjaan

4 April 2024 - 04:48 WITA

Trending di Politik Pemerintahan