Menu

Mode Gelap

Politik Pemerintahan · 1 Nov 2023 WITA

Panglima Kodam Vidcon Dengan Wakil Presiden Pada Hanpangan Di Lahan Ketahanan Pangan Kodim Gowa


 Panglima Kodam Vidcon Dengan Wakil Presiden Pada Hanpangan Di Lahan Ketahanan Pangan Kodim Gowa Perbesar

Gowa baktionline.id. Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han). Bersama Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si, menghadiri Kegiatan Video Converence (Vidcon) Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (Hanpangan) Jajaran TNI Tahun 2023 dengan Wakil Presiden RI di Lahan Ketahanan Pangan Kodim 1409/Gowa di Lingk. Panggentungan Kel. Tamarunang Kec. Somba Opu Kab. Gowa., Rabu, (1/11/2023).

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut perintah Bapak Panglima TNI yang dilaksanakan oleh tiga Matra TNI (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) berkerjasama dengan Kementan RI untuk mengelola lahan kosong milik TNI menjadi lahan produktif sebagai upaya meningkatkan produksi pangan, menekan terjadinya Inflasi, mendukung ketahanan pangan Nasional, mengantisipasi terjadinya krisis pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta personil TNI.

Dalam sambutannya saat kegiatan Video Converence (Vidcon) Gerakan Nasional Hanpangan jajaran TNI, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta TNI harus peka terhadap situasi dunia yang tengah dilanda krisis pangan.
Menurut orang nomor 2 di Republik Indonesia, kepekaan itu harus dimiliki oleh TNI karena persoalan pangan dapat mempengaruhi stabilitas bangsa Indonesia.

“Saya minta seluruh anggota TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terkait ini karena urusan pangan adalah urusan perut, sangat penting dan penentu stabilitas bangsa,” kata Ma’ruf Amin.

Kemudian Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han). dalam sambutanya, berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.
Program ketahanan pangan hari ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, terima kasih pada Pemprov Sulsel dan BI atas dukungan dan support serta kerjasamanya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

Lahan Kodam XIV/Hsn ini luasnya ± 7,9 hektar silahkan dimanfaatkan, digunakan bersama-sama dan hasilnya dinikmati bersama-sama. Kami berharap hari ini bukan hanya penanaman secara simbolis saja namun harus dirawat dengan baik sehingga hasilnya betul-betul bermanfaat sehingga dapat menekan Inflasi, ujarnya.

Selanjutnya Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si mengatakan, “Kami dari Pemprov. Sulsel akan mengawal ketahanan pangan yang ada di Kab. Gowa dan nantinya akan menjadi percontohan bagi daerah lain”. Semoga dengan kolaborasi bersama akan memberikan manfaat besar bagi Provinsi Sulsel.

Kondisi Inflasi hampir mencakup seluruh negara di dunia akibat dari Perang di beberapa negara, oleh karena itu dengan adanya program ini diharapkan dapat menekan inflasi yang ada di negara kita. Kita akan memanfaatkan lahan kosong yang ada di daerah dengan menanam pohon pisang, saat ini pisang merupakan buah yang memiliki manfaat besar selain bagi kesehatan hasilnya dapat diekspor dengan peluang pasar yang sangat besar

.

Program ini kami serius melakukannya karena kami yakin ini adalah salah satu cara untuk pengentasan kemiskinan di Sulawesi Selatan yang masih 8,8% dan menjadi penguatan ketahanan nasional kita khususnya ketahanan di bidang pangan dan ini bisa menjadi operasi non militer di wilayah Kodam XIV/Hsn dan menjadi percontohan Indonesia, ” ungkapnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Lounching Pembutan 60 titik Sumur Bor di Prov. Sulsel (Pernyataan dan Penekanan Tombol oleh Pangdam didampingi Forkopimda Sulsel), Penanaman Bibit Pisang Cavendis Bantuan Pj Gubernur Sulsel dan Bibit Jagung oleh Pangdam XIV/Hsn dan seluruh tamu undangan dan Masyarakat, Panen 4 Kolam Bioflok Ikan Nila serta Baksos pengobatan gratis dan pemberian Bingkisan Stunting sebanyak 50 Paket.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si (Pj. Gubernur Sulsel), Brigjen Pol CH Patoppoi S.St., M.K., S.H (Wakapolda Sulsel), Brigjen TNI Heri Sutrisma, S.H., M.A. (Kapok Sahli Pangdam XIV/Hsn), Brigjen TNI Sugeng Hartono, S.E., M.M (Danrem 141/Tp), Brigjen TNI Deni Rejeki, SIP., M.Si (Danrem 142/Tatag), Kolonel Inf Aji Mimbarno, S.A.P (Danrindam XIV/Hsn), Para PJU jajaran Kodam XIV/Hsn, Para Dandim jajaran Kodam XIV/Hsn, Abd. Karim Dania, SE., MM (Plh. Sekda Gowa) serta Para Pimpinan SKPD Pemprov. Sulsel dan Pemkab. Gowa dan Tokoh Masyarakat. (Bawa Karaeng, Kama)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Avatar badge-check

Wartawan

Baca Lainnya

Buka Musda Badko HMI Sulselbar, Bupati Gowa Apresiasi Semangat Kader HMI Menyambut Indonesia Emas

17 Mei 2024 - 06:40 WITA

12 Kasus Tindak Pidana Pemilu Di Gowa, Tuntas.

16 Mei 2024 - 06:22 WITA

Satu-satunya Diluar Pulau Jawa, Gowa Raih Terbaik III Nasional PPD Tahun 2024

6 Mei 2024 - 04:54 WITA

BPI KPNPA RI Sebut Pengembalian Uang Hasil Korupsi Tidak Hapus Pidana Korupsi

3 Mei 2024 - 06:31 WITA

Gowa Raih PPD Terbaik Pertama Tingkat Sulsel Tahun 2024

1 Mei 2024 - 11:19 WITA

Hadiri Halalbihalal,Adnan Minta HIPMA Gowa Ambil Peran Dalam Pembangunan Daerah

29 April 2024 - 21:49 WITA

Trending di Politik Pemerintahan